BERANDA | PMB UNY | KIMIA UNY | INFO BISNIS | THEORY BAND | ARTIKEL | BERITA BOLA

Senin, 22 Maret 2010

Pembuatan Susu Kara Benguk



Pembuatan susu nabati saat ini semakin berkembang. Sebagai pengganti susu hewani, susu nabati yang biasanya terbuat dari bahan dasar kedelai juga tidak kalah dipandang dari segi kandungan protein yang terdapat pada susu kedelai tersebut. Pemikiran baru muncul untuk mengganti bahan baku kedelai dengan kacang-kacangan yang mengandung kadar protein yang hampir sama. Pada penelitian saya ini mencoba mengganti bahan kedelai dengan kacang-kacangan lain yaitu Kara benguk, pembuatan susu koro benguk dilakukan menggunakan metode variasi konsentrai perendam yang berupa Kalsium hidroksida dan lamanya waktu perendaman untuk mengetahui hasil kadar protein tertinggi, Proses pembuatannya yaitu dengan urutan sebagai berikut :
1) Sebanyak 50 gram koro benguk yang telah bersih direndam dalam 150 mL larutan Ca(OH)2 dengan variasi konsentrasi 0 %; 1 %; 3 % dan variasi lama perendaman 6 jam, 12 jam, 18 jam, 24 jam.
2) Setelah perendaman koro benguk dibilas dan dicuci dengan air hingga bersih.
3) Koro benguk dikupas kulit luarnya.
4) Koro benguk digiling dngan blender menggunakan air dengan perbandingan 1:6 (b/v) sehingga bahan menjadi bubur.
5) Selanjutnya bubur koro benguk disaring menggunkan kain saring sehingga diperoleh bakal susu.
6) Filtrat hasil penyaringan dimasak pada susu 70 0C, dan dihasilkan susu koro benguk.

Itulah tadi langkah-langkah pembuatan susu kara benguk, semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin berwirausaha ataupun ingin sekedar mengetahui. Selamat mencoba!! Salam sukses KUHASC.

Label: , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda