BERANDA | PMB UNY | KIMIA UNY | INFO BISNIS | THEORY BAND | ARTIKEL | BERITA BOLA

Selasa, 06 April 2010

Pestisida nabati

Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan dasarnya berasal dari tanaman atau tumbuhan. Pestisida nabati bisa dibuat secara sederhana yaitu dengan menggunakan hasil perasan, ekstrak, rendaman atau rebusan bagian tanaman baik berupa daun, batang, akar, umbi, biji ataupun buah. Berikut adalah beberapa cara membuat pestisida nabati:
1. Pestisida nabati daun pepaya.
Daun pepaya mengandung bahan aktif papain. Pestisida nabati daun pepaya efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap.
Cara pembuatan:
- 1 kg daun pepaya segar dirajang
- hasil rajangan direndam dalam 10 liter air dan 2 sendok makan minyak tanah dan ditambah 30 gr deterjen selama semalam
- saring larutan hasil perendaman dengan kain halus
- semprotkan larutan hasil saringan ke per tanaman
2. Pestisida nabati biji jarak
Biji jarak mengandung reisin dan alkaloid. Pestisida nabati biji jarak dalam bentuk larutan efektif mengendalikan ulat dan hama penghisap. Sedangkan serbuknya efektif untuk mengendalikan nematoda (cacing).
Cara pembuatan:
- hancurkan tumbuk 0,75 biji jarak dan panaskan selama 10 menit dalam 2 liter air yang telah ditambah dengan 2 sendok makan minyak tanah dan 50 gr detergen, kemudian diaduk
- saring larutan hasil perendaman dan tambah dengan 10 liter air
- semprotkan larutan hasil penyaringan ke pertanaman.
3. Pestisida nabati daun sirsak
Daun sirsak mengandung bahan aktif annonain dan resin. Pestisida nabati daun sirsak efektif untuk mengendalikan hama trip.
Cara membuat:
- tumbuk halus 50-100 lembar daun sirsak
- rendam dalam 5 liter air ditambah 15 gram detergen, aduk sampai rata, dan diamkan semalam
- saring larutan tersebut dengan kain halus
- encerkan tiap 1 lt larutan hasil penyaringan dengan 10-15 lt air
- semprotkan larutan hasil saringan ke pertanaman.
4. Pestisida nabati daun gamal.
Kandungan bahan aktif daun gamal adalah tanin. Ekstrak pestisida daun gamal efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap.
Daun gamal dapat digunakan sebagai insektisida jika ditambah dengan minyak tanah dan detergen. Ekstrak daun gamal tanpa tambahan minyak tanah harus dilakukan dengan hati2. Penggunaan minyak tanah yang terlalu sering menyebabkan daun terbakar. Penggunaan minyak tanah mendekati saat panen dapat menimbulkan bau pada hasil pertanian.
Sumber:
Tri S, Y. 2008. Pestisida Nabati Mengamankan Produksi dan Lingkungan Hidup. Lembar Informasi Pertanian. Tabloid Sinar Tani. Jakarta.

Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati, Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati Pestisida nabati

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda